Langsung ke konten utama

7 CARA PEMASARAN PRODUK YANG EFEKTIF


BLOGGER : W.NYANTOSANI. W . K
Hasil gambar untuk pemasaran

Dalam menjalankan usaha, pemasaran memegang peranan penting dalam penjualan produk. Oleh karena itu sering kita dengar istilah “marketing”, inilah kata lain dari pemasaran. Usaha akan semakin sukses dengan pemasaran produk. Kita harus menerapkan cara pemasaran produk. Ada banyak cara pemasaran produk, berikut adalah diantara nya :
  1. Gunakan Media social/Internet marketing
Di zaman s2ekarang ini, semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan BBM, facebook, twitter, dan media social semacamnya. Dengan media social ini / internet marketing adalah strategi paling efektif dan mudah dalam mempromosikan usaha Anda. Anda dapat memperkenalkan produk Anda tanpa terbatas ruang dan waktu dan juga secara gratis. Produk Anda juga akan semakin luas dilihat banyak orang. Semakin banyak dan semakin sering Anda menampilkan promo produk kita di social media, semakin banyak khalayak internet yang melihatnya.
2. Adakan Sayembara
Dengan mengadakan sayembara atau produk kita menjadi  sponsor pada lomba tertentu, akan membuat produk kita dikenal orang. Ini juga merupakan cara yang cukup jitu.
 3.Bagi bagi produk sample
Sering kita jumpai kadang di pasar dan swalayan kita, diminta mencicipi produk tertentu, seperti susu atau cemilan. Nah bagi bagi produk sample ini juga adalah cara pemasaran produk yang efektif. Membagikan sample gratis dengan di barengi menawarkan promo yang sedang berjalan, membuat daya tarik untuk calon konsumen. Jika memang pembeli menyukai rasanya pasti akan langsung tertarik untuk membeli produk kita.
4. Mendata pelanggan
Nah, dalam  berbagai kesempatan, luangkanlah waktu untuk mendata calon konsumen. Mengenai hal yang berhubungan dengan dagangan kita. Dengan gaya komunikasi yang ramah dan sopan kita giring menuju ke produk dagangan kita. Alhasil calon konsumen yang membutuhkan produk kita merasa tertarik dan menjadi ingin tahu terhadap barang kita. Inilah trik marketing “menjemput bola“.
5. Tempatkan produk di tempat yang tepat
Dalam usaha penjualan, cara pemasaran produk yang berikutnya adalah tempatkan produk di tempat yang tepat sesuai pasarnya. Misalnya produk untuk anak- anak, lakukanlah strategi promosi di dunia anak-anak, bisa di sekolah-sekolah, taman bermain ataupun tempat rekreasi anak. Apabila untuk kalangan ibu-ibu lakukanlah strategi promosi di pasar, swalayan dsb.
6. Gunakan barang promosi
Selain dengan beberapa cara pemasaran produk diatas, cara dengan menggunakan barang promosi juga bisa Anda jalankan. Namun hal ini membutuhkan budget dana yang lebih guna membuat semacam merchandise untuk usaha Anda, Anda dapat mencetak kaos, topi, gantungan kunci, pulpen, dan pembatas buku misalnya. Serta dibarengi promo misalnya beli 2 pcs dapat bonus gantungan kunci, beli 3 pcs berhadiah kaos dan sebagainya. Hal ini membuat konsumen senang dan akan membeli lebih banyak lagi dan lagi .
7. Survey pembeli setelah penjualan
Setelah konsumen membeli produk kita, tidak berarti putus hubungan begitu saja. Tanyakanlah informasi alamat dan nomor telepon yang bisa di hubungi. Dengan begitu manfaatkanlah sebagai data pelanggan kita. Setelah beberapa saat setelah penjualan, surveylah konsumen, tanyakan testimoni tentang produk kita yang pernah dibelinya, sambil kita tawarkan produk atau promo kita yang sedang berjalan.
Begitulah kurang lebihnya cara pemasaran produk yang efektif untuk dilakukan. Ciptakanlah selalu ide-ide kreatif Anda dalam usaha, tetap semangat dalam pemasaran. 
sumber :google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GUNUNG BROMO

BLOGGER: W.NYANTOSANI.W.K Gunung Bromo  adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya. Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata wisatawan. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan ngarai dengan di kelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar. Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Kata  “Bromo”  berasal dari kata  “Brahma”   yaitu salah satu Dewa Agama Hindu. memang tidak besar seperti gunung api lain di Indonesia tetapi pemandangan Bromo sangat menakjubkan sekali. Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisata

APA ITU AUTHOR & BLOGGER

AUTHOR  VS BLOGGER By.w.nyantosani Akhir-akhir ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang begitu cepat, terutama dibidang komunikasi. Hampir dipastikan setiap orang memiliki handphone (telepon genggam), mulai dari orang dewasa, remaja sampai anak-anak.  Bahkan tidak jarang setiap orang memiliki lebih dari satu. Mereka memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjalin komunikasi dengan orang tua, keluarga, sahabat, relasi bisnis maupun orang yang baru dikenalnya. Komunikasi melalui perangkat handphone tidak harus menggunakan suara, melainkan juga menggunakan SMS (short message service). Justru kebiasaan menulis pesan via SMS ini membuat anak-anak muda kreatif membuat singkatan dalam tulisannya. Kebiasaan ini kemudian terus berkembang ke media sosial seperti Twitter, BBM, Facebook dan sebagainya. Bagi orang yang sudah terbiasa menulis, mereka mengembangkan tulisannya dalam bentuk artikel, bukan hanya sekedar celotehan di Twitter, atau membuat status di Facebook. Tulisan mereka